Thursday, December 19, 2019


"ES PUTER ARMOJ"



LATAR BELAKANG
Pada sekarang ini siapa yang tidak suka untuk makan Es Puter, dari mulai kalangan anak-anak sekolah, para remaja sampai orang dewasa pun semuanya sangat menyukai menu dingin ini sebagai salah satu penyegar di saar cuaca panas atau sebagai penghilang dahaga dan rasa lelah setelah seharian penuh beraktivitas. Hal ini yang membuat para pecinta kuliner minuman dingin Es Puter selalu ingin menikmati sajian kuliner ini pada waktu siang hari, sore bahkan pada malam hari sekalipun. Karena sensasi nikmat yang di peroleh ketika makan Es Puter akan menghadirkan rasa nyaman dan rileks bagi para konsumennya.
Dengan berbagai alasan dan juga landasan kami berniat dan bertekad untuk merintis usaha/bisnis yang kami jalankan yaitu Es Puter Armoj yang di mana dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli Es Puter Armoj kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan rasa dari produk Es Puter Armoj.


VISI : 

Menjadikan Toko Es Puter pilihan paling utama oleh para pelanggan.

MISI :
  • Menjaga kualitas Es Puter dengan bahan-bahan yang bermutu.
  • Berinovasi dan menciptakan varian rasa-rasa yang sangat di sukai oleh konsumen.

PROFIL BADAN USAHA
Nama dan Jenis dan Alamat Usaha
Nama : Es Puter Armoj
Jenis : Es Puter
Alamat : Kedungturi Permai I Jl.Lombok O-21 RT.34 RW.XI TAMAN-SIDOARJO 61257.

TARGET PASAR
Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Serta adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama belum dapat membentuk pasar sasaran. Hanya saja mempunyai ciri-ciri yang sama sebagai pembeli, maka barulah dapat untuk membentuk suatu pasar sasaran.

SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar sangatlah berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha, maka dengan sedikit saja membuat kelalaian serta kecerobohan akan dapat mengurangi penghasilan, dan mengakibatkan banyak dampak negative yang timbul bagi perkembangan suatu usaha/bisnis.

TARGET PEMASARAN
Produk yang kami buat di peruntunkan untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Dan di berbagai kalangan bawah juga kalangan atas, dengan harga yang terjangkau agar semua dapat menikmati serta dengan tetap menjaga kualitas yang di junjung dalam kemajuan usaha/bisnis tersebut.

ANALISIS SWOT
STRENGTH (KEKUATAN)
  • Dimana harga yang sangat terjangkau.
  • Pelayanan yang di berikan kepada konsumen sangatlah baik dan ramah.
  • Banyak berbagai varian rasa yang unik serta tampilan yang menarik.
  • Menghasilkan Es Puter yang sangat berkualitas.

WEAKNES (KELEMAHAN)
  • Persaingan dengan para pesaing yang lain.
  • Tidak menentunya perekonomian di negara Indonesia.

OPORTUNITY (PELUANG)
  • Belum banyak di temukan pesaing di daerah tempat usaha/bisnis di jalankan.
  • Banyak orang-orang yang melintas karena tempat yang strategis.

THREATY (ANCAMAN)
  • Munculnya banyak pesaing-pesaing baru yang menawarkan harga yang lebih murah dan varian Es Puter yang lebih menarik lagi.

PROMOSI PEMASARAN
Banyak cara para pelaku usaha/bisnis melakukan promosi di mana cara macam-macam dalam melakukan promosi adalah sebagai berikut : 
  1. Mulut ke mulut atau Testimonial , promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana serta tidak perlu memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita terhadap rekan sesama kita, keluarga untuk mempromosikan usaha yang kita jalankan, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan dapat mengetahui usaha yang kita jalankan. Dan apabila usaha yang kita jalankan sudah di ketahui dan di sukai, maka konsumen akan dapat memberitahukan kepada orang lain untuk membeli produk kita.
  2. Promosi melalui jejaring social , selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat di lakukan melalui media internet, seperti: facebook, twitter, blog, dll. Karena di mana sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet dan terlebih lagi di mana sekarang sudah memasuki jaman era millenial yang di mana teknologi semakin canggih untuk dapat di akses.
  3. Loyalty programs , pada intinya kita dapet memberikan point-point pada setiap pembeli. Jika pembeli sudah mencapai suatu point tertentu, kita dapat memberikan voucher atau diskon khusus kepada pembeli.'
  4. Up Selling , adalah suatu cara untuk mempromosikan suatu produk saat pembeli sedang berinteraksi dengan penjual. Misalnya dengan memberitahukan produk yang telah kita buat untuk di promosikan. 

KEGIATAN BENTUK PROMOSI PENJUALAN ES PUTER ARMOJ

Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Ke-74 Dirgahayu Republik Indonesia 




                   


 Dalam Rangka Kegiatan Bazar di Dr.Soetomo Surabaya






MACAM-MACAM RASA ES PUTER
  • DURIAN                                          
  • KELAPA MUDA
  • KACANG HIJAU
  • NANGKA
  • COKLAT
  • LECI
  • MOCCA
  • ALPUKAT
  • VANILA
  • KETAN HITAM
  • DLL.
HARGA ES PUTER
  • Cup Besar : Rp.15.000
  • Cup Sedang : Rp.12.000
  • Cup Kecil : Rp.6.000
  • Per 1 skop @ Rp.3.000

CONTOH PRODUK ES PUTER


Gambar 1. 
Es Puter dalam bentuk lepek dengan harga Rp.15.000



Gambar 2.
Es Puter dalam bentuk Cup Plastik dengan harga Rp.12.000 per pcs.


Gambar 3
Es Puter dalam bentuk Cup Kecil dengan harga Rp.6.000

KESIMPULAN
Demikian pembuatan blog ini yang bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia berbisnis. Dari usaha/bisnis yang kami dirikan ini karena kebutuhan masyarakat dan permintaan pangsa pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha/bisnis ini. Di sisi lain, saya mendirikan usaha/bisnis ini juga mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran di jaman era seperti sekarang ini.

SARAN
Dalam menjalankan suatu usaha/bisnis berjalan dengan lancar, ada beberapa saran seperti : 
- Percaya dan yakin bahwa usaha/bisnis yang kita bangun dapat untuk di jalankan dan di laksanakan.
- Mau mendengarkan masukan kritik/saran dari orang lain.
- Mengutamakan kepuasan para pelanggan.
- Tidak mudah putus asa.
- Mampu untuk menciptakan serta menghasilkan produk yang sangat berkualitas.
- Dalam menjalankan usaha/bisnis juga tidak terlepas dari yang namanya disiplin, bertanggung jawab, kreatif serta inovatif.

No comments:

Post a Comment